DISIPLIN JADI PRIORITAS UTAMA PELAKSANAAN KEGIATAN PEMERINTAHAN

Bajawa - Bupati dan Wakil Bupati Ngada menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pimpinan Perangkat Daerah, para camat, Lurah dan Kepala Desa serta seluruh Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Kabupaten Ngada atas seluruh kerjasama yang dibangun selama tahun anggaran 2017, sehingga seluruh program dan kegiatan dapat berjalan maksimal dengan realisasi apbd tahun 2017 mencapai 90 % lebih. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Ngada, Paulus Soliwoa dalam sambutannya pada Apel Kekuatan Perdana tahun 2018, yang diikuti oleh 1000 lebih Aparatur Sipil Negara lingkup Pemerintah Kabupaten Ngada, beserta seluruh pimpinan Perangkat Daerah.

Menurut Wakil Bupati Ngada, ada beberapa catatan yang menjadi bahan evaluasi untuk diperbaiki di tahun anggaran 2018 diantaranya adalah beberapa program dan kegiatan yang seharusnya sudah mulai dikerjakan di awal tahun, namun dalam perjalanan mengalami keterlambatan, sehingga realisasi baru diselesaikan di akhir tahun dengan sangat terburu buru. Ada beberapa kewajiban yang seharusnya diselesaikan dengan pihak ketiga yang tidak bisa direalisasikan. Keterlambatan pengelolaan kegiatan dan keuangan di beberapa skpd juga menjadi catatan buruk di tahun 2017. Ada beberapa skpd yang terbiasa menunda pekerjaan, hingga berdampak pada lambannya penyelesaian administrasi.

Hal lain yang ditekankan oleh Wakil Bupati adalah terkait penyerahan dokumen pengadaan barang dan jasa yang seharusnya sudah dilakukan pada awal bulan februari, namun masih ada skpd yang menyerahkan dokumen pekerjaan pada bulan juli. Hal ini sangat berdampak buruk pada kualitas pekerjaan dan pengelolaan kegiatan. Untuk itu Wakil Bupati Ngada mengharapkan agar hal- hal yang menjadi catatan buruk di tahun anggaran 2017, untuk diperbaiki dan tidak kembali terulang di tahun 2018.

Wakil Bupati menegaskan untuk seluruh Pimpinan Perangkat Daerah beserta jajaran agar pada awal Januari segera menyelesaikan Dokumen Pelaksanaan Anggaran  termasuk Dokumen Pengadaan Barang Dan Jasa yang harus diserahkan ke ULP pada akhir Februari 2018.

 ( / by jack nuwa feto)